18 July 2017

Panduan Lengkap Cara Pembuatan SOP Dalam Akreditasi Puskesmas

Panduan Lengkap Cara Pembuatan SOP Dalam Akreditasi Puskesmas
Dalam pelaksanaan implementasi akreditasi puskesmas kita tidak akan lepas dari yang nama nya SOP yang singkatan dari standar operasional prosedur. SOP ini menjadi panduan dalam berbagai kegiatan dalam akreditasi puskesmas. Tanpa adanya SOP akreditasi puskesmas di anggap belum berjalan sesuai dengan rel yang ada.
Disamping itu adanya dokumen SOP juga menjadi elemen penilaian untuk akreditasi puskesmas. Nah di bawah ini saya lampirkan panduan lengkap pembuatan SOP sehingga dapat di implementasikan dalam pembuatan dokumen akreditasi puskesmas. Kita mulai dari :
  • Pengertian SOP :
  1. SOP adalah Serangkaian instruksi tertulis yg dibakukan mengenai berbagai proses penyelenggaraan aktivitas organisasi, bagaimana dan kapan harus dilakukan dimana dan oleh siapa dilakukan . (Permenpan No. 035 tahun 2012).
  2. Istilah yg digunakan pada Pedoman Akrediatsi FKTP adalah Standar Operasional Prosedur (SOP) sesuai Permenpan No. 35 tahun 2012
  • Tujuan SOP :
  1. Agar proses kerja rutin terlaksana efisien, efektif, konsisten & aman
  2. Dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan melalui pemenuhan standar yg berlaku.
  • Manfaat :
  1. Memenuhi persyaratan standar pelayanan Puskesmas
  2. Mendokumentasi langkah-langkah kegiatan
  3. Memastikan staf Puskesmas memahami bagaimana melaksanakan pekerjaannya ( SOP pemberian informasi, SOP pemasangan infus, SOP pemindahan pasien, dll)
KOP SOP

Komponen SOP

Syarat penyusunan SOP :
  1. SOP ditulis oleh mereka yang melakukan pekerjaan/unit kerja tersebut.
  2. Merupakan flow charting dari suatu kegiatan.
  3. Harus jelas siapa melakukan apa, dimana, kapan dan mengapa.
  4. Jangan menggunakan kalimat majemuk. Subyek, predikat, objek harus jelas.
  5. Menggunakan kalimat perintah/instruksi bagi pelaksana, bahasa mudah dikenali.
  6. Jelas, ringkas, mudah dilaksanakan.
Demikian penjelasan tentang cara pembuatan SOP. Ingat bahwa masing-masing SOP pada tiap-tiap puskesmas berbeda kecuali SOP teknis. Misal SOP cara penyuntikan, pasti di setiap puskesmas sama. Tetapi SOP yang berkaitan dengan lintas sektor atau sasaran akan berbeda-beda. Jadi jangan asal mencontek SOP yang sudah ada. Esensi dari SOP adalah pekerjaan kita sesuai panduan dan kita ikuti panduan tersebut.
Sumber: akreditasipuskesmas org

1 comment: